Followers

WASPADA. HARI VALENTINE adalah salah satu helah dari sekian banyak HELAH KRISTIAN

Tuesday, February 1, 2011

Valentine Day (Hari Valentine) sudah menjadi tren perayaan cinta di negara kita, negara Malaysia.

Para remaja bersuka-ria menyambut kedatangannya dengan berbagai ekspresi yang sangat bertentangan dengan ajaran Islam dan tradisi leluhur kita.

Orang-orang dari generasi tua pun, tidak sedikit yang ikut-ikut bergabung, atau minimal membiarkan anak-anak mereka merayakannya dengan hal-hal yang berbau pergaulan bebas.


Para remaja kita menghabiskan banyak uang dan waktu untuk memperingatinya, karena menurut mereka hari itu adalah hari untuk mengungkapkan rasa kasih sayang pada orang yang dicintainya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

لُعِنَ الَّذِيْنَ كَفَرُوا مِنْ بَنِي إِسْرَائِيْلَ عَلَى لِسَانِ دَاوُدَ وَعِيْسَى ابْنِ مَرْيَمَ ذَلِكَ بِمَا عَصَوْا وَكَانُوا يَعْتَدُوْنَ. كَانُوا لاَ يَتَنَاهَوْنَ عَنْ مُنْكَرٍ فَعَلُوْهُ لَبِئْسَ مَا كَانُوا يَفْعَلُوْنَ

“Telah terlaknat orang2 kafir dari kalangan Bani Israil melalui lisan Nabi Dawud dan Nabi ‘Isa bin Maryam. Hal itu dikarenakan mereka bermaksiat dan melampaui batas. Adalah mereka tdk saling melarang dari kemungkaran yg mereka lakukan. Sangatlah jelek apa yg mereka lakukan.”(Al-Ma`idah: 78-79)


Asal Mula Hari Valentine
  
Ada banyak versi tentang Valentine, di antaranya adalah :
  
Menurut versi Pertama,
  
kisah Pendeta Santo Valentinus yang dihukum mati pada tanggal 14 februari 270 M oleh Kaisar Romawi Claudius II karena menentang perintah-perintahnya. Pada waktu itu, kerajaan tersebut sedang gencar-gencarnya melakukan invasi ke kerajaan-kerajaan lain.

Claudius II menilai bahwa tentaranya yang belum kawin lebih tabah berperang, sekalipun berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun, daripada mereka yang sudah menikah. Oleh karena itu, raja ambisius ini melarang para pemuda menikah dan memerintah agar menjadi prajuritnya. Namun St. Valentinus yang sedang asyik menjalani percintaannya tidak memperdulikan larangan itu, sekalipun akan berdampak negatif pada dirinya. Dia menikah di gereja dengan sembunyi-sembunyi, tapi hal itu tercium juga oleh Claudius II. Dan akhirnya Valentinuspun ditangkap dan dipenjara.

Ketika mendekam di penjara, dia berkenalan dengan putri salah satu petugas yang sedang sakit, lalu dia mengobatinya hingga sembuh dan hatinya terpaut pada perempuan jelita itu. Sebelum dihukum mati, dia mengirim sebuah kartu bertuliskan “dari yang tulus cintanya, Valentinus”.
  
Menurut versi kedua,
  
St. Valentinus adalah misionaris Kristen yang datang ke Romawi dan mengajak penduduk setempat memeluk agama yang dibawanya.

Setelah misi tersebut sampai ke telinga Claudius II dan dianggap akan mengganggu stabilitas kerajaannya, maka Claudius II menangkap dan menjatuhinya hukuman mati.
  
Sedangkan versi ketiga,
  
ketika Kristen tersebar di daratan Eropa, di salah satu desa ada sebuah tradisi yang menarik perhatian para pendeta, yaitu setiap pertengahan Februari para pemuda berkumpul dan menulis nama-nama gadis di desa tersebut lalu dimasukkan ke dalam sebuah kotak. Setelah itu masing-masing mereka mengambil satu persatu nama yang telah dimasukkan. Nama gadis yang keluar dari kotak tersebut akan menjadi kekasihnya sepanjang tahun dan saling kirim kartu yang bertuliskan “dengan nama tuhan ibu”.

Akibat sulitnya mengubah tradisi tersebut, maka para pendeta itu memutuskan untuk mengubah kata “dengan nama tuhan ibu”  yang sudah mengakar jadi keyakinan dengan kata “dengan nama pendeta Valentine”,sehingga bisa mengikat para pemuda desa itu dengan agama Kristen yang menjadi misi utama para pendeta itu mendatangi daratan Eropa.

Beberapa tahun kemudian, peringatan Valentine Day berkembang pesat seiring dengan pesatnya perkembangan Agama Kristen di Eropa. Kemudian Paus Gelasius mendeklarasikan tanggal 14 Februari sebagai Valentine Day sekitar tahun 498 M. Demikianlah legenda-legenda seputar Valentine Day, meski masih terjadi banyak kesimpangsiuran mengenai hal ini.
  
Di Balik Hari Valentine
  
Bila merujuk pada sejarah di atas, maka budaya perayaan Hari Valentine sebetulnya adalah salah satu trik dari sekian banyak trik kristenisasi, untuk melepas dan menghancurkan keyakinan kita secara perlahan tanpa kita sadari.

Tapi ironisnya, kita yang diperintah untuk mengikuti jejak langkah Rasulullah salallahu'alaihiwasalam, kadang juga ikut-ikutan merayakan Hari Valentine, yang sebetulnya dirayakan oleh umat Kristiani untuk mengenang kembali kematian seorang pendeta Kristen yang mati dibalik jeruji besi. Padahal, kita tidak pernah mengingat kematian para tokoh Islam seperti Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, Hamzah bin Abdil Mutthallib, dan lainnya yang mati terbunuh dengan cara yang sadis dan mengenaskan ketika mereka mempertahankan ajaran mulia yang diembannya.

Maka, bagi umat Islam sangat tidak layak ikut-ikutan merayakan Hari Valentine, karena perayaan itu adalah hari raya dan tradisi orang-orang musyrik yang bertujuan untuk mengenang kematian seorang pendeta dan untuk mengikat hati orang-orang yang merayakannya dengan agama kafir.

Harus kita ingat bahwa dalam riwayat Abdullah bin Umar,  Rasulullah salallahu'alaihiwasalam pernah menyatakan.

مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ
Artinya :  
“Barangsiapa menyerupai suatu kaum maka dia termasuk dalam golongan mereka.” (HR Abu Dawud: 3512)

Menurut al-Munawi dan al-Alqami, kata tasyabbaha biqaumin (menyerupai suatu kaum) memiliki arti berhias diri, berperilaku, dan melakukan tradisi sama dengan mereka.

Jadi, orang yang meniru suatu kelompok dalam berpakaian, berperilaku, atau melakukan tradisi mereka, maka dia akan mendapatkan dosa yang sama dengan kelompok tersebut, apabila yang ditiru adalah perbutan buruk; dan mendapat pahala yang sama dengan kelompok tersebut, apabila yang ditiru adalah perbuatan baik.

Maka, atas dasar hal ini, kita mesti menerapkan filter yang ketat dalam menerima budaya dan tradisi KRISTENISASI. Budaya dan tradisi itu harus diukur dengan ukuran-ukuran syariat. Karena, Islam melarang kita meniru budaya atau menggunakan atribut-atribut yang biasa digunakan oleh orang-orang fasik, apalagi yang biasa digunakan orang-orang kafir.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَلَنْ تَرْضَى عَنْكَ الْيَهُودُ وَلَا النَّصَارَى حَتَّى تَتَّبِعَ مِلَّتَهُمْ
Artinya:
Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. (QS. Al Baqarah: 120)


0 comments:

©2009 .:: Makalah Ilmu ::.. Hakcipta Ada Yang Terpelihara.
Diterbitkan Oleh : Amirul Amin. | Pengurusan Oleh : Malaysia Terjah. | Pautan Luaran Oleh : Afiqah Network Link.
PENAFIAN : Ini adalah laman Web ATAU Blog sokongan untuk tujuan PROMOSI ATAU SUMBANGAN sahaja.
Tiada kaitan dengan : Laman Web ATAU Blog Syarikat ATAU Agensi ATAU Individu ATAU Organisasi yang disertai.
Tiada mana-mana bahagian portal ini boleh diubah, disalin, diedar, dihantar semula, disiarkan, dipamerkan, diterbitkan, dilesenkan, dipindah, dijual atau diuruskan
bagi tujuan komersil dalam apa bentuk sekalipun tanpa mendapat kebenaran secara bertulis yang jelas terlebih dahulu daripada
Malaysia Terjah.